contoh karya tulis


KARYA TULIS ILMIAH (KTI)
PEMBUATAN KUE APEM RASA NANAS







NamaKelompok :
1. AdindaFitriSalsabila
2. Fernanda Hartoyo
3. Fitri Nur Hidayah
4.OxaAqillaPutri

SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TERBANGGI BESAR
LAMPUNG TENGAH
LAMPUNG
2016










Halaman Pengesahan

          Karya tulis ilmiah yang berjudul “Pembuatan Kue Apem Rasa Nanas” telah disahkan dan disetujui pada :
        
          Hari            :
          Tanggal       :

Disetujui oleh :
                  

Pembimbing I                                             PembimbingII




Kepala Sekolah
SMA Negeri 1 Terbanggi Besa


Drs. Sarmin, M.M
NIP. 19670505 199702 1 003




ABSTRAKSI
Manfaat nanas

Nanas atau nenas merupakan sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Nanas mempunyai nama latin Ananas comosus dan termasuk dalam famili Bromeliaceae.

Buah nanas memiliki aroma yang sangat khas dan tajam dengan rasa campuran asam dan manis namun sangat menyegarkan karena kandungan airnya yang cukup tinggi. Selain dikonsumsi dengan cara biasa, nanas juga diolah menjadi beberapa makanan seperti jus nanas, manisan, sampai keripik nanas.

Selain bermanfaat sebagai bahan makanan, buah nanas juga sering dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan alternatif serta perawatan kecantikan. Hal ini karena nanas mengandung banyak zat gizi dan senyawa yang dibutuhkan tubuh.
Kandungan Nutrisi Buah Nanas

Nanas kaya akan vitamin A dan C yang bersifat antioksidan. Selain itu juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, mangan, zat besi, thiamin, natrium, kalium, gula buah (sukrosa), serta enzim bromelain, suatu enzim protese yang bekerja sebagai pemecah protein. Nanas juga mengandung cukup banyak serat.
Kandungan Gizi Buah Nanas per 100 gram
Energi: 52
Fosfor: 11 mg
Serat: 0,4 g
Karbohidrat: 13,7 g
kal
Protein: 0,4 g
Zat Besi: 0,3 mg
Vitamin A: 130 IU
Kalsium: 16 mg
Vitamin C: 24 mg
Vitamin B1: 0,08 mg
Air: 85,3 g
Lemak: 0,2 g





Tidak cuma enak dimakan, buah nanas juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini beberapa khasiat nanas untuk kesehatan.

Menurunkan Tekanan Darah

Berkat kandungan kaliumnya, nanas bermanfaat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Seratnya mampu mencegah penyerapan lemak di saluran cerna sehingga tidak terjadi penimbunan di pembuluh darah yang bisa berakibat naiknya tekanan darah.

Menurunkan Berat Badan

Enzim proteiolitik pada nanas menghambat penyerapan lemak dalam saluran pencernaan hingga terbuang bersama feses. Selain itu, vitamin C-nya juga menggiatkan proses pembakaran lemak sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh.

Mengobati Asam Urat

Enzim bromelain dan kandungan kaliumnya membuat nanas bersifat diuretik yang efektif dalam membantu mengatasi masalah asam urat.
Namun, jangan mengonsumsi nanas yang terlalu matang karena kandungan alkoholnya akan mengakibatkan kenaikan kadar asam urat.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kandungan serat dan vitamin C pada nanas dapat membantu sembelit dan menghambat penyerapan lemak untuk kemudian dibuang keluar tubuh. Oh ya, enzim protease pada bromelainnya mampu mencerna protein.

Mengatasi perut kembung

Nanas mengandung bromelain, sebuah zat yang mampu membantu memecah makanan sehingga dapat mengurangi kembung dalam perut. Selain itu bromelain juga efetif untuk mengurangi peradangan setelah operasi, mengobati pembengkakan hidung saat mengalami infeksi sinusitis, dan mengurangi rasa sakit dari oesteoarthritis.

Menguatkan tulang

Nanas juga salah satu buah yang populer untuk membantu menguatkan tulang. Kandungan mangan di dalamnya dibutuhkan untuk membentuk struktur tulang agar lebih padat. Anda bisa memperoleh 73% kebutuhan mangan dengan mengonsumsi nanas dalam sehari.

Mencegah batuk akibat flu dan demam

Karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi, nanas mampu membantu memerangi virus penyebab flu. Sekalipun Anda sedang menderita flu, cukup efektif memanfaatkan nanas sebagai obat alami. Adalah bromelain di dalam nanas yang membantu melancarkan dahak sehingga batuk lekas sembuh.

Menjaga kesehatan gigi

Khasiat buah nanas dapat menjaga kesehatan gigi, ini karena buah nanas mengandung vitamin C yang dapat membantu pencegahan plak pada gigi juga penyakit gusi.

Mengatasi sembelit

Sembelit dapat disebabkan karena kurangnya makanan berserat. Makanan yang mengandung serat dapat berupa buah-buahan, salah satunya adalah nanas. Caranya, minum jus buah nanas. Pilih buah nanas yang tidak terlalu masak. Pilih buah nanas yang masih asam.

Menguatkan kekebalan tubuh

Manfaat nanas yang satu ini bersumber dari kandungan asam amino esensial maupun non-esensial yang ada di dalam buah berwarna kuning cerah ini. Kedua senyawa tersebut memang sudah lama dikenal ampuh menguatkan kekebalan tubuh serta membantu tubuh mengatasi rasa lelah.

Menjaga kesehatan kulit

Buah nanas dapat digunakan untuk mengatasi masalah peradangan kulit. Caranya, ambil setengah bagian buah nanas yang sudah masak. Kupas kulitnya lalu parut. Pakai hasil parutan nanas untuk menggosok bagian kulit yang mengelupas dan bersisik. Lakukan kegiatan ini pada malam hari sebelum tidur. Esok harinya, baru dicuci.

Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tetapi tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi nanas. Karena nanas mengandung asam oskalat yang tinggi yang jika dikonsumsi berlebihan dapat memicu pembentukan batu ginjal. Selain itu, kandungan gulanya yang tinggi bisa berbahaya jika dikonsumsi  berlebihan.




Kata Pengantar
Assalamualaikum wr.wb
Alhamdulillah dan puji syukur kehadirat Allah SWT kami ucapkan atas selesainya karya tulis yang berjudul “Pembuatan Kue Apem Nanas”. Karena ridho dan rahmat serta petunjuk dari-Nya makalah ini dapat diselesaikan.
            Karyatulis ini disusun sebagai hasillaporandaripercobaaan kami yang memanfaatkanbuah nanas menjadiolahankuetradisionalyaitukueapem nanas. Harapan kami, karya tulis ini dapat digunakan untuk menambah wawasan bagi para pembaca dan kami juga berharap Karya tulis ini dapat mempermudah pembaca membuat kue apem nanas.
Akhirnya, seperti pepatah “Tiada gading yang tak retak” kami mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca karena kesempurnaan hanya milik Allah semata dan apabila ada kesalahan baik dalam penggunaan kata maupun pengetikan kami mohon maaf dan kepada Allah kami mohon ampun.

Lampung Tengah, 26 Januari 2016





Tim Penyusun

















BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah

Dimasyarakat,kue apem menjadi salah satu jajanan tradisional yang cukup digemari. Ini terbukti dengan penjualan apem yang cukup  banyak.Selain itu, cara pembuatan kue apem cukup mudah dan banyak dijual di pinggir jalan dan toko kue tradisional yang menjual kue.

Namun, tidak semua kue apem yang terjual disekitar kita termasuk kue tradisional yangsehat. Karena, sekarang banyak kue apem yang mengandung bahan pengawet, serta menggunakan pewarna makanan yang berbahaya bagi kesehatan kita jika dikonsumsi secara terus menerus.

Sekarang ini,daya konsumsi masyarakat semakin tinggi. Salah satu cara menanggapinya yaitu membuat makanan secara alami, namun masih banyak halyang kurang dipahami oleh masyarakat tentang bagaimana memperoleh makanan yang alami.

Kue apem yang dibuat dari bahan dasar nanas lebih banyak menguntungkan bagi kesehatan tubuh kita. Selain pembuatannya yang cukup mudah,kita juga bisa memanfaatkan kelimpahan dari buah nanas itu sendiri.






1.2  Rumusan Masalah

Apakah nanas dapat dijadikan bahan dasar pembuatan kue apem?

1.3  Hipotesis

H0 : Nanastidak dapat dijadikan bahan dasar pembuatan kue apem.
H1 : Nanas dapat dijadikan bahan dasar pembuatan kue apem.

1.4  Tujuan Pembuatan

1.      Untuk mengikuti lomba karya tulis tingkat ekskul di SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR.
2.      Manfaat Penelitian.
3.      Memberi informasi kepada masarakat tentang pengolahan nanas menjadi bahan dasar pembutan kue apem.
4.      Memanfaatkan sumber daya tanaman nanas yang cukup melimpah.
5.      Menambah nilai jual nanas dari buah menjadi olahan yang enak dan bermanfaat bagi tubuh kita.












BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Definisi Nanas

a.       Klasifkasi Nanas:
  • Kingdom         : Plantae (tumbuh-tumbuhan)
  • Divisi               : Spermatophyta (tumbuhan berbiji)
  • Kelas               : Angiospermae (berbiji tertutup)
  • Ordo                : Farinosae (Bromeliales)
  • Famili              : Bromiliaceae
  • Genus              : Ananas
  • Species            : Ananas comosus (L) Merr.

b.      Ciri-ciri morfologi:

Tanaman nanas berbentuk semak dan hidupnya bersifat tahunan (perennial). Tanaman nanas terdiri dari akar, batang, daun, batang, bunga, buah dan tunas-tunas. Akar nanas dapat dibedakan menjadi akar tanah dan akar samping, dengan sistem perakaran yang terbatas Akar-akar melekat pada pangkal batang dan termasuk berakar serabut (monocotyledonae). Kedalaman perakaran pada media tumbuh yang baik tidak lebih dari 50 cm, sedangkan di tanah biasa jarang mencapai kedalaman 30 cm .

Batang tanaman nanas berukuran cukup panjang 20-25 cm atau lebih, tebal dengan diameter 2,0 -3,5 cm, beruas-ruas (buku-buku) pendek.  Batang sebagai tempat melekat akar, daun bunga, tunas dan buah, sehingga secara visual batang tersebut tidak nampak karena disekelilingnya tertutup oleh daun.  Tangkai bunga atau buah merupakan perpanjangan batang.

Daun nanas panjang, liat, dan tidak mempunyai tulang daun utama.  Pada daunnya ada yang tumbuh dari duri tajam dan ada yang tidak berduri.  Tetapi ada pula yang durinya hanya ada di ujung daun.  Duri nanas tersusun rapi menuju ke satu arah menghadap ujung daun .

Daun nanas tumbuh memanjang sekitar 130-150 cm, lebar antara 3-5 cm atau lebih, permukaan daun sebelah atas halus mengkilap berwarna hijau tua atau merah tua bergaris atau coklat kemerah-merahan. Sedangkan permukaan daun bagian bawah berwarna keputih-putihan atau keperak-perakan.  Jumlah daun tiap batang tanaman sangat bervariasi antara 70-80 helai yang tata letaknya seperti spiral, yaitu mengelilingi batang mulai dari bawah sampai ke atas arah kanan dan kiri .

Nanas mempunyai rangkaian bunga majemuk pada ujung batangnya. Bunga bersifat hermaprodit dan berjumlah antara 100-200, masing-masing berkedudukan di ketiak daun pelindung. Jumlah bunga membuka setiap hari, berjumlah sekitar 5-10 kuntum.  Pertumbuhan bunga dimulai dari bagian dasar menuju bagian atas memakan waktu 10-20 hari. Waktu dari menanam sampai terbentuk bunga sekitar 6-16 bulan.

Pada umumnya, sebuah tanaman atau sebuah tangkai buah hanya tumbuh satu buah saja. Akan tetapi, karena pengaruh lingkungan dapat pula membentuk lebih dari satu buah pada satu tangkai yang disebut multiple fruit (buah ganda). Pada ujung buah biasanya tumbuh tunas mahkota tunggal, tetapi ada pula tunas yang tumbuh lebih dari satu yang biasa disebut multiple crown (mahkota ganda).




BAB III
METODE PENELITIAN

3.1 Alat Bahan yang Diigunakan dalam pembuatan mie.
a. alat yang digunakan
No.
Nama Alat
Jumlah
1.
Pisau
1
2.
Baskom Kecil
1
3.
Nampan
1
4.
Dandang
1
5.
Sendok
4
6.
Garpu
2
7.
Sarung Tangan Plastik
3
8.
Cetakan Apem
20
9.
Kompor
1
10.
Piring
2
11.
Mangkok
2
12.
Blender
1
13.
Wajan
1

b.Bahan yang digunakan
No.
Nama Bahan
Jumlah
1.
Nanas
1 buah kecil
2.
Tepung Terigu
500 gram
3.
Tepung Beras
350 gram
4.
Garam Halus
Secukupnya
5.
Minyak Sayur
Secukupnya
6.
Fermipan
1 Sendok Makan
7.
Santan
900 ml
8.
Gula Pasir
350 gram
9.
Pewarna Makanan
½ Sendok makan
10.
Vanili
1 bungkus

3.2 Cara Kerja
Pembuatanselai nanas
1.      Kupas nanas lalubersihkan nanas mata nans hingga bersih menggunakan pisau ,kemudianmasukkan nanas kedalam blender,dantungguhingga nanas hancur.
2.      Selanjutnyamasukkan nanas kedalamwajan , tambahkanguladangaramsecukupnya, sertatambahkanjugavanilli.
3.      Masakhingga nanas berubahmenjadipekat.
4.      Setelahmasakmasukkankedalammangkokdantungguhinggadingin.
Pembuatankueapem nanas
1.      Rebus santan dengan garam hingga mendidih diatas api kecil sambil diaduk-aduk.
2.      Angkat rebusan santan kemudian diamkan sampai dingin.
3.      Campurkan semua tepung dengan gula pasir, garam, dan fermipan, aduk hingga merata.
4.      Tuang rebusan santan yang sudah dingin kedalam campuran tepung sedikit demi sedikit.
5.      Aduk-aduk bahan yang dicampur santan hingga menjadi adonan yang kalis.
6.      Masukkan pewarna makanan secukupnya dan tambahkan selai nanas,  lalu aduk lagi hingga merata.
7.      Diamkan adonan selama 1 jam hingga adonan mengembang.
8.      Olesi cetakan apem dengan minyak sayur lalu tuang adonan apem kedalamnya lalu masukkan kedalam dandang.
9.      Tutup bagian atas  kemudian tunggu beberapa menit sampai matang kira-kira selama 25 menit.
10.  Angkat apem dan lepaskan dari cetakan lalu sajikan.




















BAB IV
SIMPULAN DAN PEMBAHASAN
4.1 PEMBAHASAN
HasilPercobaan                                                                                                           
No.
Bahan&Komposisi
Kekurangan&Kendala
Hasilpercobaan
1.
Selai Nanas 150 gr, tepungterigu 500 gr, tepungberas 350 g, santan 900 ml, Gula ¼ kg.
Kekurangan:
-Tepungmasihterasa
-Pengadukankurangmerata
-kueapemkurangmengembang.
Kendala :
-Waktu terbatas, sedangkan waktu yang diperlukan untuk membuat kue apem cukup banyak
-Kesulitan menakar bahan
-Apem kurang mengembang.

Kue apem terasa manis,asam, dan paling enak dimakan saat panas.

4.2 SIMPULAN
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa :
Kue apem yang kita hasilkan memilki kekurangan seperti tepung masih menggumpal, dan kurang mengembang.Tetapi, memiliki rasa yang manis dan rasa nanasnya terasa.

BAB V
PENUTUP
Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai kesimpulan dan saran.
V.I Kesimpulan
            Berdasarkan uraian dari bab VI kita dapat menyimpulkan bahwa:
Kue apem yang kita hasilkan memilki kekurangan seperti tepung masih menggumpal, dan kurang mengembang.Tetapi, memiliki rasa yang manis dan rasa nanasnya terasa.
V.II Saran
            Sebaiknya pada pembersihan nanas , mata nanas dibersihkan hingga tak tersisa. Dan juga, pengadukan adonan sebaiknya dilakukan sampai benar – banar merata hingga tak ada yang menggumpal. Untuk selanjutnya kami berharap kue apem rasa nanas ini dapat dikemas dengan kemasan yang menarik dan dibuat agar kue apem bertahan lam. Sehingga konsumen menjadi lebh menarik.








DAFTAR PUSTAKA



Comments

Popular posts from this blog

makalah